Solusi Masalah GPS pada ASUS Zenfone 2 Laser (ZE500KL)



Minggu kemarin saya baru saja melego zenfone 2 laser 5' (ZE500KL) saya yang sudah hampir setahun saya gunakan. Overall saya puas menggunakan handphone ini, dengan price range waktu itu sedikit diatas 2 juta (tahun 2016), apalagi saya bukan penggemar berat game-game berat jadi lebih banyak digunakan untuk komunikasi, browsing dan sosmed. Untuk spek lengkapnya silahkan check di website ASUS.

Salah satu keunggulan yang saya rasakan adalah fitur kameranya, begitu banyak fitur dan terutama kebebasan setingan manual yang diberikan oleh ASUS kepada usernya ditambah dengan flash dual tone dan laser autofocus, mungkin salah satu kamera hp android mid-range terbaik yang pernah saya gunakan.

Ada satu kekurangan dari HP ini yang mungkin para pengguna zenfone 2 laser yang juga rasakan adalah susahnya untuk lock GPS. Pernah dalan beberapa kesempatan saya nyasar dengan sukses ketika berkendara dengan navigasi dari HP ini baik menggunakan Google Map maupun Waze. Paling epic mungkin ketika saya bermaksud ke Bandara Soekarno-Hatta tiba-tiba signal GPS hilang dan akhirnya saya hanya berputar-putar di Jakarta (Bahkan sampai nyasar ke Gerbang Bandara Halim!). Browsing ke beberapa situs saya tidak menemukan solusi yang betul-betul mumpuni. Uji coba dengan aplikasi GPS Test dari Google Play selalu gagal atau membutuhkan waktu yang sangat lama untuk lock satelit mungkin diatas 2 - 3 menit itu pun tidak stabil.

Sampai akhirnya beberapa hari sebelum saya lego saya iseng search di twitter dan menemukan situs jepang di alamat http://blog.so-net.ne.jp dan setelah saya coba tips di blog ternyata waktu yang dibutuhkan untuk lock GPS dan akurasinya meningkat drastis, diluar ruangan dengan waktu kurang dari satu menit sudah bisa lock banyak satelit 😍😁. Triknya adalah menambahkan aluminium foil yang telah dibentuk seperti huruf L di dalam casing belakang bagian kanan atas. Bedanya saya tidak menggunakan double tape tapi hanya menyelipkan aluminium foil di bagian kiri atas casing belakang dikarenakan kalau menggunakan double tape menambah ketebalan casing belakang sehingga casing tidak bisa ditutup dengan rapat . Maaf saya tidak sempat foto hasilnya karena keburu dijual mungkin ilustrasi dibawah bisa lebih memperjelas.

Setelah melakukan trik tersebut dari beberapa uji coba lock satelit di lokasi yang berbeda selalu sukses. Sekian share dari saya mudah-mudahan bermanfaat bagi pengguna zenfone 2 laser yang lain


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengatasi Decoder Tidak Dapat Menerima Sinyal Indovision

Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Samsung Galaxy A5 2016 Tanpa Root