Mengatasi Decoder Tidak Dapat Menerima Sinyal Indovision

Sebagian pelanggan televisi berbayar Indovision seperti saya tentu pernah dapat berbagai kode error dari dekoder TV sehingga dapat mengganggu kenyamanan dalam menikmati berbagai tayangan TV tersebut. Tentu saja cara untuk memperbaikinya adalah memanggil teknisi Indovision untuk memeriksa dan memperbaiki kode error tersebut. Hanya saja ketika tanda error tersebut muncul ketika anda istirahat di malam hari tentu sedikit menjengkelkan karena tidak mungkin untuk memanggil teknisi pada malam hari dan anda harus menunggu hingga besoknya. 

Salah satu kode error yang muncul adalah peringatan decoder tidak dapat menerima sinyal seperti gambar dibawah ini.

Biasanya ketika tanda tersebut muncul TV tidak bisa menerima tayangan channel manapun dan tidak dapat diatasi dengan cara mematikan ulang dekoder atau mencabut dan memasang kembali kartu tayang.

Ternyata ada trik yang dapat anda lakukan agar layanan kembali normal. Pada saat kode error seperti gambar diatas muncul segera tekan tombol "OK" pada remote control Indovision anda. Anda akan dibawa pada tampilan seperti ini:


Silahkan pilih "Pengaturan Sistem" dengan bantuan remote control anda. Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan 4 digit PIN, masukkan angka "0" sebanyak 4 kali


Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman pengaturan sistem dan kemudian pilih pengaturan satelit.


PERHATIAN: Sangat disarankan anda tidak merubah pengaturan apapun, cukup tekan "OK" di remote control anda beberapa kali sampai anda masuk halaman pengukuran sinyal.


Setelah masuk ke halaman ini tunggu beberapa saat sampai satelit mengunci dengan sendirinya yaitu sampai tanda gembok terkunci. Setelah sinyal terkunci anda dapat menekan tombol "Return" atau "Layar Sebelumnya" dan setelah pengaturan tersimpan itu anda dapat kembali menikmati layanan Indovision anda.

Apabila tanda error tersebut beberapa jam kemudian muncul lagi anda dapat mengulangi trik tersebut. Kemungkinan penyebabnya adalah kekuatan sinyal TV yang dapat ditangkap cukup lemah, bisa disebabkan oleh bergesernya arah piringan parabola anda oleh angin kencang atau tersenggol kucing yang lewat 😅 atau sebab lainnya. Jika terus berulang silahkan segera kontak CS Indovision untuk memperbaiki masalah tersebut secara permanen tapi setidaknya untuk sementara anda masih bisa menikmati layanan TV berbayar anda sampai teknisi resminya datang 😁.

Demikian sedikit share dari saya mudah-mudahan bermanfaat.


UPDATE Juni 2018:
Terimakasih atas banyak atensi atas postingan saya ini, mohon maaf untuk komentar yang tidak sempat dibalas karena baru online lagi. Permasalahan untuk gangguan indovision (MNC Vision) saya ternyata berada di dekodernya sehingga harus diganti baru. Proses penggantian menurut saya lumayan cepat saya kontak CS via akun Twitter @MNCVisioncare dan langsung di follow up oleh bagian teknisnya cuman dalam hitungan hari langsung diganti dekodernya . Mohon maaf sekali lagi jika ada pertanyaan mengenai hal teknis yang tidak bisa saya jawab karena keterbatasan pengetahuan saya mengenai hal tersebut 🙏. Saran saya mungkin CSnya bisa dikontak via Twitter karena dari pengalaman saya lewat sosial media ini CS nya cukup responsif dan membantu.



Komentar

  1. Saya uda ikut cara itu tapi ternyata setelah di cek masuk di indovision s-8 apa yg hrus saya lakukan.. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena piringan yg saya terima indovision sdgkan receiverna oke vision

      Hapus
    2. Halo matthew mohon maaf saya baru buka blog lagi karena kesibukan, apakah masalahnya sudah selesai saat ini? saya rasa tidak masalah receivernya Oke vision karena punya saya juga diganti dengan oke vision, info dari teknisi yang membedakannya hanya kartu tayang saja, kalau pilih satelit yang tidak ada tanda silangnya lalu coba tekan tombol OK di remote untuk masuk ke layar penguncian signal. Semoga berhasil

      Hapus
  2. apa saat ini indovision kalian ada gangguan? di saya tertulis kalau kartu tidak layak u/dekoder. sudah 2hari tidak ada tayangan. customer care juga tidak dapat dihubungi. ada info mengenai ini? terimakasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak Grace. Saya sdh 3 hari. Lapor via whatsapp dan twitter tapi ga dibalas sama sekali. Dibaca aja kagak.
      Lewat telpon? Pengalamanga pernah direspon kalo keluhan.

      Hapus
    2. Mohon maaf saya baru buka blog lagi karena kesibukan, bagaimana layanannya saat ini? sekedar share saja dulu diawal instalasi saya sempat kesulitan dalam menghubungi CSnya akhirnya saya menghubungi pihak agen/orang yang menawarkan & memasang instalasi dan ternyata responnya lebih cepat, atau bisa jg langsung mneghubungi cabang di kota masing2. Untuk saat ini setelah berganti nama jadi MNC Vision saya belum pernah coba untuk kontak CSnya lagi mudah2an sih lebih baik pelayanannya dari sebelum2nya

      Hapus
    3. Saya baru kemaren pasang mnc vision dan alhamdulillah sampai hari ini tidak ada gangguan dan utk pelayanan dari mnc visionnya sangat responsif karna skr bisa chat live ke WA nya mnc vision atau bisa di follow ke akun instagramnya mnc vision

      Hapus
    4. Terimakasih infonya mbak Dwi Afrillah, mudah2an bisa bermanfaat untuk yang lain juga

      Hapus
    5. Mohon info nomor WA nya, saat ini indovision saya sedang bermasalah tidak ada tayangan sama sekali. Tks

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat sekali info nya. Terima kasih banyak ya 😊🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak anita Sjamsul . Sukses selalu

      Hapus
  4. kalau gembok tidak terkunci meski langkahnya sudah diulang ulang itu knapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa dilihat dulu kekuatan bar sinyal satelitnya seperti gambar diatas, kalau dibawah 20 kemungkinan arah parabolanya harus diset ulang, atau kalau sinyalnya bagus kdari pengalaman kemarin emungkinan harus minta ganti dekodernya ke pihak penyedia layanan (MNC Vision/Indovison)

      Hapus
  5. malam ini keluhan saya sama, decoder tidak dapat menerima sinyal... hajuhhh

    BalasHapus
  6. kalau kualitas sinyalnya penuh tapi kekuatan sinyalnya g ad sma sekali gmn ?


    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aneh juga ya? kalau tidak ada sinyal mungkin arah parabolanya harus di set ulang oleh teknisinya langsung

      Hapus
    2. Punya saya udah 3 hari hilang sinyal menghubungi agen nya jauh mohon di permudah baru 8 bulan berlangganan udah sulit

      Hapus
  7. Saya sudah melakukan yang tertera diatas , tapi pas di bagian gembok , gemboknya tidak terkunci dan langsung muncul tulisan dekoder tidak dapat menerima sinyal seperti di gambar pertama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Wisnu, persisnya saya tidak tahu tapi mungkin saja kalau berkaca dari pengalaman kemarin dekodernya sudah mulai error, masalah pada indovison saya akhirnya diatasi secara permanen dengan pengantian dekoder baru.

      Hapus
    2. Sama dengan punya saya MNC Vision pas sore hari sampai malam baru ada sinyal, mau kontak teknisi biaya trasport di wa resmi MNC kena 300 ribu belum biaya jasa 75k 😕😕

      Hapus
  8. Saya punya top tv, setiap jam 10 pagi sama sekali tidak ada signal, kekuatan maupun kwalitas signal. Tapi kalau sudah sore hari sekitar jam 1700, signal mulai ada dan siaran normal lembali. Apakah penyebabnya? Barang kali ada solusinya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm cukup unik juga ya.. sepertinya harus di check lagi posisi pemasangan parabolanya apakah sesuai standar indovision (oleh teknisi tentunya). Apakah rumahnya dipinggir jalan yang ramai? Karena dari pengalaman saya apabila ada motor lewat terutama yang menggunakan knalpot racing memang mengganggu penerimaan sinyal indovisonnya, sepertinya memang harus di check ulang teknisinya coba saja kontak lewat akun twitter MNC visionnya karena saya rasa responnya cukup cepat sekarang.

      Hapus
    2. Cukup membalut LNB dengn kantong plastik.

      Hapus
    3. Cukup membalut LNB dengn kantong plastik.

      Hapus
    4. Cukup membalut LNB dengn kantong plastik.

      Hapus
  9. Saya sdh mengikuti saran anda untuk menekan tombol "OK" pd remote saat kode itu muncul tp saya tdk dibawa ke halaman yang anda beritahu

    BalasHapus
  10. Saya dipapua sudah 5 hari gak bisa terkunci sinyal sedangkan arah sudah sy putar cari tapi gak bisa dapat juga. Pemasangan baru 1 bulan mohon solusinya

    BalasHapus
  11. saya sudah berulang kali menekan tombol yang sudah di tuliskan di dalam layar .. tapi masih tetap sama. saya juga udah menelpon via whatsapp tapi ngga ada respon sama sekali ... ini gimana ngatasinya . saya sudah jengkel dengan omongan para sels mnc vision katanya apapun masalahnya mau di bantu dengan suka rela ... tapi nyatanya nol besar

    BalasHapus
  12. saya andika ..Saya punya top tv.Saya sudah ngikuti trik ini tapi masih aja belom bisa ada tayangan tv..Gimana ya ..Beberapa x saya / hubungi orang dari phk indovision ..Saling lempar 1 sma lainya srh hubngi nomr ini itu akhirnya gag ada kejelasan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya budi.. kasus km sama ky saya pak andika,, saya komplen karna byk channel yg hilang dan saya disuruh untuk menghububgi no inilah itulah dan sampai skrg gk ada kejelasan dan saya memutuskan untuk berhenti berlangganan karna disini kt membayar bukan gratisan

      Hapus
    2. MNCVision yang terhormat, keluhanyang sama dgn pak Andika dan pak Budi. Tayangan hilang no signal terus n bayarnya terus rugi kami. Sdah sy ikuti langkah2 seperti diatas tetap aja gangguan no signal. Kami di manokwari/ Papua Barat kantor cabangsdh tutup, gmana mau eksis, padahal pelanggan banyak.

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. tetap gak bisa sinyalnya 0 lalu bagaimana? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya posisi satelit salah mbak wiwik tiwul, bisa jadi salah ketika instalasi atau kesenggol sesuatu mbak

      Hapus
    2. Salam, hilang siaran, tulisan informasi tidak tersedia, sudah coba teknis yang dimaksud tapi belum berhasil, sudah menghubungi indovision pusat, tapi teknisi masih belum datang, mohon solusinya

      Hapus
  15. Saya hari ini pasang indovision... dan gk ada sinyal yg di tangkap sama sekali.. itu penyebabnya apa ya, kasih masukanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan mbak/mas ada kesalahan posisi disknya ga menghadap satelit, mungkin harus komplain ke teknisinya lagi

      Hapus
    2. Kata teknisinya udah menghadap ke satelit, tp ada gangguan di karenakan jauh dr tower... nah yg gw bingung yg di masud tower itu, tower yg kaya gimana 🙄🙄

      Hapus
  16. Kalo status tune terkunci gmana ya?

    BalasHapus
  17. Klo tampilan sinyalnya tidak terkunci gmn solusinya bos. Soalnya indovision saya gd sinyal.

    BalasHapus
  18. Sinyal bagus tapi gambar gk tampil knp pk dan dimana kalau tk dpt decoder dan lnb ?

    BalasHapus
  19. Kkk uda ikutin cara nya gak bisa juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, pelayanannya lama juga, katanya datang kerumah gk ada datang"...🙁

      Hapus
  20. Gi mna ni uda di ikutin cara nya tapi gak bisa muncul juga siaran nya.

    BalasHapus
  21. Saya udah pakai 6 bln. Tapi cuma 1 bln aja yg bisa nonton, karna 5 bln gak ada sinyalnya sama sekali.apakah nanti saya akan didenda 400 RB kalau ngak isi ulang.mohon infonya trimakasih

    BalasHapus
  22. Selamat siang,saya mau bertanya alat gk tau namanya drmh sya gk bisa menyala tp di di tempat colokan lampu warna hijau menyala tp yg di alat nya tidak,,,itu gimana y,,,kalo bisa tolong teknisinya di dtng kn kermh mkasih

    BalasHapus
  23. Tolong tim oke vision saya sdh melakukan pembayaran pulsa tv....tapi masalahnya sinyalnya tidak ada sama sekali sudah bebrapa minggu ini...

    BalasHapus
  24. Bagaimana cara menyetrlmulang pencarian arah satelit pada vision saya . Mohon datangkan teknisinya

    BalasHapus
  25. Saya udah mengembalikan ke pengaturan awal trus gak bisa" sampe sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama,saya juga udah ikutin trik yg itu sampai2 kembali kepengaturan awal.tp ttp aja msh bgtu.kekuatan signalnya ada tp kualitas signalnya yg ilang.apa sebabnya,blm tau juga...

      Hapus
  26. Saya pelanggan top tv tiba2 masalah teknis decorder tidak menerima sinyal apa yang harus saya lakukan trims

    BalasHapus
  27. sama masalahnya. Siarannya blank

    BalasHapus
  28. sctv sm indosiar mulai jam 5 sore udah ga bisa. klu pagi ada lg 😄

    BalasHapus
  29. Saya sudah coba tapi kenapa tetep ga bisa ya? Padahal kunci sinyal sudah terkunci

    BalasHapus
  30. Sama ..saya juga seperti itu tidak dapat terkunci dan tanda eror muncul trus apa yg harus saya lakukan.. Sudah seminggu indovision saya tidak bisah di pakai

    BalasHapus
  31. Sama ..saya juga seperti itu tidak dapat terkunci dan tanda eror muncul trus apa yg harus saya lakukan.. Sudah seminggu indovision saya tidak bisah di pakai

    BalasHapus
  32. Sama ..saya juga seperti itu tidak dapat terkunci dan tanda eror muncul trus apa yg harus saya lakukan.. Sudah seminggu indovision saya tidak bisah di pakai

    BalasHapus
  33. Terima kasih solusinya. Sy sudah melakukan hal yg serupa, tapi yg muncul hanya channel info. Sedangkan semua channel lain menghilang

    BalasHapus
  34. Gimana sih? Jadi terganggu terus..

    BalasHapus
  35. Maaff jika di layar timbul "silahkan nyalakan ulang decoder anda" ( trus siarannx gak adh gimna caranya yahhh

    BalasHapus
  36. Halo langsung aja.....saya di sumatra selatan posisinya di daerah kota lahat.sudah 2 hari tv saya ga ada sinyal tlong dong di perbaiki.karena saya sudah telfon yg bagian pasangnya dia bilang telfon ke pusat.sedangkan saya sudah jadi pelanggan sekitar 6 tahun.

    BalasHapus
  37. Dari Manokwari Papua...
    Sudah di ulang2 trik diatas tp belum jd jg,, signalnya belum dapat,, caranya bagaimana lg..??

    BalasHapus
  38. ID 401002146812 . Sinyal ga ada SM sekali . Mohon solusinya . Terima iasih

    BalasHapus
  39. Walau saya sudah masukkan pin nya '0' sebanyak 4 kali, tetap aja tdk bisa.

    BalasHapus
  40. Saya juga baru sekitar dua bulan pasang MNC Vision, dan tiba" ada tulisan decoder tidak terima sinyal, saya hubungi cs nya , berjanji mau datang tapi kenyataannya janji tinggal janji.

    BalasHapus
  41. Sy punya decorder tdk menerima signal,sdh diulang2 sesuai petunjuk tp tetap

    BalasHapus
  42. Top tv saya malahan kualitas sinyalnya yg ga ada...

    BalasHapus
  43. Masalah pada antenanya , jangan terlindung atau tertutup kain .. kalau aman saja artinya lnb di antena nya rusak .. datangi kantor indovsn terdekat .. permasalahan kedua biasanya antena nya kendor atau bergeser .. terimaksih semoga membantu

    BalasHapus
  44. Jika ada keluhan mengenai indovision di wilayah pontianak bisa japri ke saya gan

    BalasHapus
  45. Sya punya koq tdk bisa yahhh. Kmbali" Sendiri terus

    BalasHapus
  46. Ok vision bisaa egaa untuk nonton siaran lokal sjaa yg ada di palapa

    BalasHapus
  47. Terbantu.. Tp suara gak muncul

    BalasHapus
  48. Saya di kslimantan selatan kab Tanah Bumbu, receiver okevision Dan cara diatas sudah Saya coba beberapa Kali tetap g da sinyalnya ,kalo LNB nya diganti dgn LNB yg lama malah dpet sinyalnya hanya saja terjadi error 4, kira2 bgimna tu solusinya?

    BalasHapus
  49. Masalah sama tetapi belom ada respon sama sekali dr teknisi

    BalasHapus
  50. Udah ngikutin cara itu tapi gabisa kunci sinyalnya,malah pas nungguin sinyalnya ngekunci tiba" notif tidak menerima sinyal muncul lagi

    BalasHapus
  51. HD MNC vision gak ada suara tapi gambarnya ada..mohon banget solusinya....

    BalasHapus
  52. Sya udah coba tips diatas GK ad hasil trus gmn yah..??

    BalasHapus
  53. Kalau minta cs kirim teknisi krn ada kendala tayangan harus bayar ga sih sama teknisi nya?

    BalasHapus
  54. Saya udah masukan pin 0000 tapi gak bisa masuk juga

    BalasHapus
  55. Saya sudah ke pengaturan sistem, cuman tidak tau PIN nya

    BalasHapus
  56. Saya punya jgak udah di masuk pinnya tetap aja lagi enak enak nton tapi sinyal decoder trus yg brmslhhhh kesal btol lahh teknisi nya jga gak ada respon nlfn cs jga gak respon gak ada jgak teknisi dtg anak anak nton jadiii risihhhh kesal 😤😧😡😠

    BalasHapus
  57. Hujan nggak tiang antena kuat signalnya kok bisa hilang, kekuatan signal dan kwalitas kosong apa masalah Bos udah 3 hari nggak bisa nonton

    BalasHapus
  58. Ini di suruh pilih bahasa
    Gimana selanjutnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Samsung Galaxy A5 2016 Tanpa Root

Solusi Masalah GPS pada ASUS Zenfone 2 Laser (ZE500KL)